Langsung ke konten utama

Unggulan

Macam-Macam Function Text Di MS. Excel By Bhima Bramasta

   Macam-Macam Function Text dalam Excel Setelah kita membahas rumus dasar dalam excel, sekarang kita akan membahas function text. Apasih function text itu? Function text adalah cara untuk kita mengubah angka yang ada dengan menerapkan pemformatan ke dalamnya dengan kode format. Apasih manfaat function text? Function text bermanfaat memudahkan kita ketika ingin menampilkan format angka yang ingin mudah dibaca atau ketika kita ingin menggabungkan angka dengan simbol. Macam-Macam Function Text 1. Exact  Exact berfungsi untuk membandingkan dua buah teks apakah sama persis atau tidak. Bentuk Penulisan  =EXACT(X1,X2) Hasil dari penggunaan exact adalah true dan false. 2. Trim Trim berfungsi untuk menghapus spasi yang berderet lebih dari satu pada sebuah teks. Bentuk Penulisan  =TRIM(X) 3. Len Len berfungsi untuk menghitung jumlah karakter/digit dari suatu cell. Bentuk Penulisan  =LEN(X) 4. Upper Upper berfungsi untuk mengubah semua karakter dalam  suatu teks...

MEMBUAT GAME DENGAN HTML

Membuat Game Loncat Rintangan


Kali ini saya akan mencoba berbagi tips membuat 
game dengan html. sama seperti game ular, game yang dibuat kali ini tidak memerlukan objek gambar hanya dengan menggunakan code css, html dan javascript. 

Dengan ketiga tipe file tadi yaitu html, css dan javascript kita bisa mempraktekannya dengan mudah tapi perlu installasi aplikasi baru misalnya aplikasi game maker. pembuatan game ini hanya dengan menggunakan program notepad atau notepad ++.

Cara Memainkan game ini cukup sederhana hanya dengan menekan tombol terbang maka kotak yang melayang ke bawah akan naik ke atas, memang bagi para pecinta game ini kurang menarik, tapi ini adalah tutorial bagi para pecinta program. sehingga berawal dari program game sederhana ini mudah-mudahan menambah ide untuk mengembangkannya ke arah yang lebih keren.

ketiga jenis file itu akan kami satukan dalam file html. silahkan copykan kode berikut pada notepad kemudian simpan dengan nama game.html.

<!DOCTYPE html>

<html>
<head>
<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0"/>
<style>
canvas {
    border:1px solid #d3d3d3;
    background-color: #f1f1f1;
}
</style>
</head>
<body onload="startGame()">
<script>

var myGamePiece;
var myObstacles = [];
var myScore;

function startGame() {
    myGamePiece = new component(30, 30, "BLUE", 10, 120);
    myGamePiece.gravity = 0.05;
    myScore = new component("30px", "Consolas", "GREEN", 280, 40, "text");
    myGameArea.start();
}

var myGameArea = {
    canvas : document.createElement("canvas"),
    start : function() {
        this.canvas.width = 480;
        this.canvas.height = 270;
        this.context = this.canvas.getContext("2d");
        document.body.insertBefore(this.canvas, document.body.childNodes[0]);
        this.frameNo = 0;
        this.interval = setInterval(updateGameArea, 20);
        },
    clear : function() {
        this.context.clearRect(0, 0, this.canvas.width, this.canvas.height);
    }
}

function component(width, height, color, x, y, type) {
    this.type = type;
    this.score = 0;
    this.width = width;
    this.height = height;
    this.speedX = 0;
    this.speedY = 0;   
    this.x = x;
    this.y = y;
    this.gravity = 0;
    this.gravitySpeed = 0;
    this.update = function() {
        ctx = myGameArea.context;
        if (this.type == "text") {
            ctx.font = this.width + " " + this.height;
            ctx.fillStyle = color;
            ctx.fillText(this.text, this.x, this.y);
        } else {
            ctx.fillStyle = color;
            ctx.fillRect(this.x, this.y, this.width, this.height);
        }
    }
    this.newPos = function() {
        this.gravitySpeed += this.gravity;
        this.x += this.speedX;
        this.y += this.speedY + this.gravitySpeed;
        this.hitBottom();
    }
    this.hitBottom = function() {
        var rockbottom = myGameArea.canvas.height - this.height;
        if (this.y > rockbottom) {
            this.y = rockbottom;
            this.gravitySpeed = 0;
        }
    }
    this.crashWith = function(otherobj) {
        var myleft = this.x;
        var myright = this.x + (this.width);
        var mytop = this.y;
        var mybottom = this.y + (this.height);
        var otherleft = otherobj.x;
        var otherright = otherobj.x + (otherobj.width);
        var othertop = otherobj.y;
        var otherbottom = otherobj.y + (otherobj.height);
        var crash = true;
        if ((mybottom < othertop) || (mytop > otherbottom) || (myright < otherleft) || (myleft > otherright)) {
            crash = false;
        }
        return crash;
    }
}

function updateGameArea() {
    var x, height, gap, minHeight, maxHeight, minGap, maxGap;
    for (i = 0; i < myObstacles.length; i += 1) {
        if (myGamePiece.crashWith(myObstacles[i])) {
            return;
        }
    }
    myGameArea.clear();
    myGameArea.frameNo += 1;
    if (myGameArea.frameNo == 1 || everyinterval(150)) {
        x = myGameArea.canvas.width;
        minHeight = 20;
        maxHeight = 200;
        height = Math.floor(Math.random()*(maxHeight-minHeight+1)+minHeight);
        minGap = 50;
        maxGap = 200;
        gap = Math.floor(Math.random()*(maxGap-minGap+1)+minGap);
        myObstacles.push(new component(10, height, "green", x, 0));
        myObstacles.push(new component(10, x - height - gap, "green", x, height + gap));
    }
    for (i = 0; i < myObstacles.length; i += 1) {
        myObstacles[i].x += -1;
        myObstacles[i].update();
    }
    myScore.text="SCORE: " + myGameArea.frameNo;
    myScore.update();
    myGamePiece.newPos();
    myGamePiece.update();
}

function everyinterval(n) {
    if ((myGameArea.frameNo / n) % 1 == 0) {return true;}
    return false;
}

function accelerate(n) {
    myGamePiece.gravity = n;
}
</script>
<br>
<button onmousedown="accelerate(-0.2)" onmouseup="accelerate(0.05)">TERBANG</button>

<p>KLIK TOMBOL TERBANG AGAR KOTAK TETAP MELAYANG</p>
<p>BERAPA SCORE YANG KAMU?</p>
</body>
</html>


Bagi yang ingin mencoba boleh silahkan di copy saja sourch code html nya. Sekian, semoga bermanfaat menambah wawasan teman-teman semua terimakasih.
Kunjungi Juga:
Ig: @bhiem04
No hp: 082114326091
Fb: Bhima Bramasta

Komentar

Postingan Populer